PT SOLID GOLD BERJANGKA  –  3 Kiat Memperbaiki Perjalanan Hidup

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –  Seputar (31/03) Kebanyakan orang menyadari betapa pentingnya mengatur keuangan dengan baik, namun melakukan hal ini tidak selalu semudah yang dibayangkan. Ketika akan mengatur atau memperbaiki kondisi keuangan, seringkali begitu sulit untuk melakukannya, bahkan tak jarang pula ada yang tidak tahu bagaimana cara untuk memulai hal tersebut. Hal ini tentu tidak dapat dilakukan dengan cara instan.

1. Buat dana darurat mini

Seperti apapun kondisi keuangan, Anda harus tetap menempatkan sejumlah dana darurat di dalamnya. Jika saat ini tidak memungkinkan untuk menyimpannya dalam jumlah yang proporsional, maka mulailah membuat dana darurat ini dalam ukuran mini terlebih dahulu.

Jangan sepele, dana darurat ini dapat membantu untuk menghindari utang baru, atau bahkan untuk menjaga kondisi keuangan tetap bisa berjalan dengan stabil, jika sewaktu-waktu terjadi krisis atau masalah di dalam keuangan itu sendiri.

2. Rekonsolidasi utang

Jika memiliki utang pada pihak lain (bank), maka ada baiknya untuk segera melakukan rekonsolidasi dengan pihak yang bersangkutan. Ini akan mengurangi jumlah utang, termasuk cicilan utang yang harus dibayarkan setiap bulannya, sebab bunga dan berbagai biaya lainnya bisa dihilangkan.

Cara seperti ini akan sangat efektif jika dilakukan terhadap utang kartu kredit ataupun pinjaman lainnya, di mana jumlah cicilan utang dapat dikurangi menjadi lebih ringan.

3. Fokus menabung

Dana tabungan yang ideal seharusnya minimal 10-15 persen dari penghasilan bulanan. Dana ini akan dialokasikan sebagai dana pensiun di masa yang akan datang, sehingga sangat penting untuk selalu disiplin dalam menabung setiap bulan. Semakin lama durasi menabung, maka semakin baik kondisi keuangan di masa pensiun nanti.  –   PT SOLID GOLD BERJANGKA