PT SOLID GOLD BERJANGKA  –  Harga Batu Bara dan Minyak Metah Sepakat Menguat

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Harga batu bara mecatatkan hasil positif, seiring dengan penguatan minyak mentah. Kemarin harga batu bara kontrak Januari 2018, kontrak teraktif di bursa komoditas Rotterdam, ditutup menguat 0,47% atau sekitar 0,40 poin di US$86,10 per metrik ton. Harga batu bara kontrak Januari rebound setelah tertekan selama dua hari perdagangan berturut-turut sebelumnya.

Sejalan dengan batu hitam, harga minyak mentah Amerika Serikat hampir mencapai level US$50 per barel namun rebound dibatasi ketidakpastian OPEC atas kemungkinan perpanjangan kesepakatan pembatasan pasokan global hingga tahun depan. Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman bulan November ditutup menguat 0,29 poin di level US$49,58 per barel di New York Mercantile Exchange. Total volume yang diperdagangkan mencapai 36% di bawah rata-rata 100 hari.

Adapun harga minyak Brent untuk pengiriman Desember berakhir naik 0,17 poin di level US$55,79 di bursa ICE Futures Europe yang berlokasi di London. Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo mengatakan produsen minyak yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Rusia berhasil menekan output minyak mentah dunia, namun mungkin perlu melakukan langkah lebih lanjut untuk mempertahankan usaha tersebut.

Sedangkan, perusahaan minyak milik negara Saudi mengumumkan pemangkasan alokasi minyak mentah untuk pelanggan terbesar dalam sejarahnya, yang menjadi referensi untuk berapa banyak minyak yang akan dikirim bulan depan. Harga minyak rebound setelah berakhir anjlok jumat lalu, di tengah kekhawatiran tentang berlanjutnya kelebihan pasokan global.

Kemudian pihak Rusia mengklarifikasi komentar di pasar minyak yang dibuat oleh Presiden Putin sebelumnya. Putin disebut tidak meminta untuk memperpanjang kesepakatan pemotongan produksi minyak global, tetapi hanya menyatakan hal tersebut sebagai sebuah kemungkinan. Perlu diketahui, harga batu bara bisa mengikuti gerak minyak mengingat dampaknya pada biaya produksi dan pengangkutan serta pengaruh terhadap sentimen secara keseluruhan dalam pasar energi. – PT SOLID GOLD BERJANGKA