PT SOLID GOLD BERJANGKA  –  Bursa AS Tergelincir Sampai 25 Poin

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –   Selasa (03/01) Bursa saham AS tergelincir karena investor menunggu pidato Presiden Donald Trump di depan Kongres. Indeks Dow Jones Industrial Average menghentikan reli rekor tertinggi selama 12 sesi berturut-turut dengan pelemahan 25,2 poin atau setara dengan 0,12% ke level 20,812.24.

Sementara itu, indeks Standard & Poor’s 500 ditutup turun 6,11 poin atau setara dengan 0,26% ke 2.363,64 dan Nasdaq Composite melemah 36,46 poin atau setara dengan 0,62% ke 5.825,44. Meskipun melemah, ketiga indeks membukukan penguatan sepanjang bulan Februari, dengan indeks S&P 500 naik 3,7%, Dow Jones menguat 4,8% dan Nasdaq naik 3,8%.

Menjelang pidatonya Trump bertemu para gubernur negara bagian di Gedung Putih dan mengatakan ia melihat belanja infrastruktur yang “besar” dan memacu peningkatan belanja militer “bersejarah” lebih dari 9%. Para analis mengatakan walaupun kurangnya rincian konkret dari Trump dapat mengecewakan beberapa investor, investor lain mungkin hanya akan mencari tanda-tanda bahwa rencana pro-pertumbuhan Trump masih berada di jalurnya.

Seperti dikutip Reuters, Michael O’Rourke, kepala strategi pasar JonesTrading, “Ada sejumlah optimisme dan euforia besar di pasar. Saya tidak berharap ada banyak detail yang diberikan, namun juga tidak yakin bahwa pasar akan kecewa dengan tidak adanya rincian. Pasar menyukai ekspektasi,”.

Selain sentimen menjelang pidato Trump, indeks juga tertekan oleh saham Target yang merosot 12,2% dalam setelah memperkirakan laba setahun penuh yang melesat dari estimasi serta mengatakan penurunan tersebut memangkas laba operasional hingga US$ 1 miliar. Sektor ritel menjadi penekan utama indeks dengan pelemahan 0,8%, diikuti oleh sektor diskresioner yang melemah 0,7%   –   PT SOLID GOLD BERJANGKA