PT SOLID GOLD BERJANGKA  –  Bursa Eropa Menguat ke posisi 362,74

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  –   Rabu (08/02) Bursa saham Eropa ditutup menguat dipicu oleh yang kinerja emiten menggembirakan. Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,32% atau setara dengan 1,14 poin ke posisi 362,74, setelah bergerak pada kisaran 361,39 – 363,87. Sementara itu, indeks CAC Prancis melemah 0,5% menyusul kinerja BNP Paribas yang mengecewakan dan gejolak pemilu.

Perbankan Prancis, yang sempat mencetak kinerja positif pada tahun 2016, jatuh setelah BNP merilis laporan keuangan yang di bawah perkiraan, sementara imbal hasil obligasi negara melonjak di tengah kekhawatiran kubu sayap kanan Perancis dapat menangkan pemilu dan negara ini keluar dari Uni Eropa.

Menurut analis UniCredit, Christian Stocker, seperti dikutip Reuters. “Ketidakpastian politik merupakan beban bagi keuangan di Prancis. Beberapa suara menjelang pemilu yang menyerukan untuk keluar dari Uni Eropa membuat investor gelisah,”.  Laba bersih kuartal keempat BNP Paribas naik menjadi 1,44 miliar euro, lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu. Namun angka ini masih di bawah perkiraan rata-rata para analis yang memperkirakan kenaikan 1,50 miliar euro. Adapun saham BNP melemah 4,8%.

Namun, berita negatif dari Perancis tersebut diimbangi oleh kinerja positif dari emiten di Eropa lainnya. Menurut Deutsche Bank, sejauh ini kinerja emiten di kuartal keempat 2016 telah cukup baik, dengan sektor keuangan dan industri memberikan kontribusi terbesar ke pendapatan keseluruhan per pertumbuhan laba per saham sebesar 8,3% dari tahun sebelumnya.

Produsen chip AMS menguat 22,4% setelah merilis laporan keuangan yang melebihi ekspektasi, sedangkan produsen mesin makanan GEA naik 3,6% setelah menetapkan prospek laba yang lebih baik.  –   PT SOLID GOLD BERJANGKA