PT SOLID GOLD BERJANGKA   –   Bursa Eropa Naik Level Teringgi

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG     –     Berita saat ini (30/08) bursa saham Eropa menguat ke level tertinggi dalam 2 bulan terakhir, didorong oleh sektor finansial menyusul memuncaknya ekspektasi kenaikan suku bunga AS untuk tahun ini. Saham perbankan mendorong indeks Stoxx Europe 600 menguat 0,5% pada penutupan perdagangan , setelah naik pada awal sesi ke level tertinggi sejak pertengahan bulan Agustus.

Indeks perbankan Eropa naik 1,8%, tertinggi di antara indeks sektoral lainnya, didorong oleh penguatan 2,7% hingga 3,8% pada saham-saham seperti Deutsche Bank, ABN Amro, Natixis dan Credit Suisse. Perbankan mendapatkan keuntungan dari suku bunga yang lebih tinggi, yang dapat meningkatkan margin. Walaupun tingkat suku bunga di Eropa cenderung tetap pada tingkat yang sangat rendah untuk jangka waktu yang panjang, beberapa bank di Eropa memiliki bisnis di Amerika Serikat dan kenaikan suku bunga AS dapat membantu.

Fokus investor masih tertuju pada data non-farm payrolls AS Jumat mendatang untuk petunjuk tentang waktu kenaikan suku bunga aucan. Seperti dikutip dari Reuters, Robert Bergqvist, kepala ekonom di SEB, “Kami menyesuaikan perkiraan kami untuk ekonomi AS setelah angka PDB kuartal kedua tiba-tiba lemah. Namun, dalam beberapa pekan terakhir, sinyal ekonomi sebagian besar positif”.

Sementara itu, sektor tambang melemah menyusul merosotnya harga logam yang tertekan penguatan USD pada ekspektasi kenaikan suku bunga acuan. USD yang lebih kuat membuat logam lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya dan menurunkan permintaan atas bahan baku. 1 hari yang lalu Indeks Stoxx Europe 600 terpantau menguat 0,46% atau senilai dengan 1,58 poin ke 344,78 setelah sempat dibuka menguat tipis 0,08% atau senilai dengan 0,28 poin ke 343,48.

Sektor otomotif memimpin penguatan di antara sektor lainnya. Indeks memperpanjang penguatan sejak pemulihan pada Senin, mengikuti kenaikan pada bursa AS. Indeks FTSE 100 Inggris bergerak tipis saat pasar dibuka kembali setelah hari libur. Seperti dikutip dari data Bloomberg, dolar menguat terhadap euro karena para investor menimbang kemungkinan kenaikan suku bunga Federal Reserve. Spekulasi kenaikan suku bunga acuan tumbuh setelah para pejabat termasuk Gubernur The Fed Janet Yellen mengatakan probabilitas kenaikan semakin kuat   –   SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : vbiznews.com