PT SOLID GOLD BERJANGKA  –  5 Tim Sar Terbaik

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG   –   Meski teknologi telah berkembang, namun manusia tetap tidak bisa menghindari bencana alam maupun kecelakaan. Keberadaan SAR tidak bisa dalam penyelamatan baik kecelakaan atau bencana alam yang terjadi. Bahkan, di saat semua orang menjauh dari sebuah bencana dan kecelakaan, hanya mereka yang berani mendekat demi melakukan penyelamatan. Meski, tak semua korban berhasil diselamatkan dari sebuah peristiwa.

1. The United States Coast Guard (AS) Pasukan Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS), atau dikenal dengan nama The United States Coast Guard (USCG), adalah salah satu cabang dari angkatan bersenjata AS. Terdapat 1.400 kapal yang dapat digerakkan dan memiliki berbagai fungsi selama penyelamatan, mulai dari kapal respon cepat, kapal medis, hingga kapal patroli. Sedangkan, tim ini memiliki 204 pesawat yang bisa segera berdinas jika dibutuhkan, antara lain Lockheed HC-130H Hercules, Lockheed HC-130J Super Hercules dan CASA HC-144A Ocean Sentry.

2. RAF Search and Rescue Force (Inggris) Bicara soal tim penyelamat, Inggris mungkin agak terlambat dibandingkan AS. Tim penyelamat yang berada di bawah garis koordinasi Angkatan Udara Inggirs, atau Royal Air Force ini baru dibentuk pada 1941.  Ide pembentukannya diusulkan Marsekal Udara Sir Artgur Harris, tugas pertamanya adalah menyelamatkan pasukan militer maupun warga sipil dari serangan yang dilakukan Nazi Jerman. Hingga perang berakhir, tim ini berhasil menyelamatkan lebih dari 8.000 kru pesawat tempur dan 5.000 warga sipil.

3. Tokushu Kyuunan Tai (Jepang) Tak ketinggalan, Jepang juga memiliki Tim SAR Terbaik Di Dunia. Tim ini diberi nama Tokushu Kyuunan Tai atau Tim Penyelamat Spesial yang berdinas di bawah bendera pasukan Penjaga Pantai Jepang. Tim terbentuk usai tragedi kecelakaan kapal yang menimpa kapal tangker LPG Jepang Yuyo Maru No. 10 dan kapal Pasific Alice asal Liberia. Ledakan hingga kobaran api pasca kecelakaan telah menewaskan 33 orang dan melukai 8 orang lainnya.

4. Tim SAR Denmark Secara administrasi, tim SAR Denmark tergabung dalam Joint Rescue Coordination Centre yang berisi personel dari AL, AU, dan Pengamanan Maritim Denmark. Mereka bergerak sesuai perintah dari AL maupun AL dan bermarkas di Aarhus. Medan operasi tak hanya berada di negerinya saja, tapi juga mencapai Jerman, Norwegia dan Swedia. SAR Denmark pertama kali melaksakan dinasnya pada 1957 yang dilengkapi Sikorsky S-55, peralatan yang cukup modern namun kapasitas bahan bakarnya sangat terbatas.

5. Basarnas Badan SAR Nasional, atau disingkat Basarnas, merupakan lembaga non pemerintah yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden No 11 Tahun 1972 tanggal 28 Februari 1972 tentang BASARI. Tugas utamanya adalah musibah kecelakaan dan pelayaran. Saat pertama kali dibentuk, Basari berkantor di Pusarnas dan diketuai oleh seorang pejabat dari Departemen Perhubungan. Basarnas diperkuat berbagai pesawat baru, mulai dari helikopter Bell hingga pengerahan heli Puma dan Superpuma milik TNI AD dan AU. Meski memiliki kapal penyelamat sendiri, lembaga ini juga memiliki kewenangan untuk menggerakkan berbagai kapal perang  –  SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : merdeka.com