5 Peregangan Saat Bangun Tidur Bikin Segar – Solid Gold Berjangka

SOLID GOLD BERJANGKA – Saat tertidur di malam hari ternyata tak semua bagian dari tubuh kita benar-benar beristirahat, walaupun saat kita tertidur dengan pulas.

Berada pada satu posisi sepanjang tidur ternyata justru bisa membuat otot menjadi kaku dan tegang.

Luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan peregangan ringan sebelum memulai aktivitas harian. Peregangan di pagi hari juga dipercaya dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah bahkan meredakan stres.

Pada sebuah penelitian di Korea, dikatakan bahwa peregangan di pagi hari dapat mengurangi depresi dan meningkatkan montivasi pada penderita stroke dalam tahap rehabilitasi.

Perhatikan juga beberapa hal berikut sebelum memulai peregangan di pagi hari.

Dorong Kedua Tangan Ke Atas

Kaitkan jari-jari pada kedua tangan dan angkat tangan di atas kepala dengan telapak menghadap atas hingga lengan lurus keatas.

Gerakan ini bisa dilakukan dengan duduk di kasur atau lantai maupun berdiri, sadar atau tidak sebenarnya kita sering secara alami melakukan gerakan ini saat bangun tidur.

Dorong tangan ke atas seolah ingin mencapai langit hingga terasa peregangan pada tulang belakang, tulang rusuk dan tangan, tahan posisi ini selama setidaknya 10 detik.

Peregangan Leher dan Bahu

Melakukan peregangan leher dan bahu dipagi hari akan meredakan ketegangan yang terjadi saat tidur, terlebih jika kita tidur tidak ditunjang dengan bantal yang baik.

Kekakuan pada leher dan bahu adalah yang paling sering terjadi saat tidur.

Tekuk leher dengan arah menyamping, telinga kiri mendekati bahu kiri (bahu tidak terangkat) lalu tahan selama sekitar 20 detik dan lakukan gerakan yang sama pada sisi lainnya.

Istirahat beberapa saat, lalu lanjutkan dengan meregangkan pundak dengan cara memutarnya kearah belakang lalu depan, lakukan juga gerakan mengangkat baru dan menurunkannya sebisa mungkin.

Lakukan seluruh urutan diatas setidaknya 3 kali.

Peregangan Tulang Belakang dan Punggung

Untuk meregangkan bagian punggung terlebih pada punggung bagian bawah yang tegang saat tidur, lakukanlah gerakan yang dikenal dengan spinal twist ini.

Berbaringlah dengan posisi menyamping ke kiri dan kaki ditekuk, putar badan hingga berbaring terlentang dan biarkan kaki dalam keadaan tertekuk menyamping.

Biarkan satu tangan terulur ke kanan dan tangan lainnya terulur ke kiri, tahan pose ini selama 30 detik dan lakukan gerakan yang sama pada sisi lainnya.

Peregangan Paha

Biasanya orang akan melakukan peregangan paha sambil berdiri, namun kita juga bisa melakukannya sambil berbaring.

Berbaringlah dengan dengan badan lurus dan bertumpu pada sisi kiri, sanggalah kepala oleh tangan lalu tarik tungkai kaki kearah bokong.

Tahan posisi tersebut beberapa lama hingga terasa otot paha meregang, lakukan pada sisi lainnya.

Paha merupakan salah satu otot yang sering kita gunakan pada kegiatan sehari-hari, jadi pastikan kondisinya prima dan lakukan peregangan pada bagian tersebut sebelum melakukan aktivitas.

Peregangan Kaki

Gerakan ini juga biasanya dilakukan dalam posisi berdiri namun banyak orang yang memerlukan bantuan tumpuan untuk menjaga agar tidak terjatuh, lalu mengapa tidak melakukannya dengan berbaring?

Berbaringlah di tempat yang datar, angkat satu kaki lurus membentuk sudut 90 derajat. Pose ini akan membantu kita meregangkan seluruh otot kaki.

Jangan lupa untuk menggerakan pergelangan kaki ke setiap arah dengan hati-hati saat mengangkat kaki, lakukan gerakan ini pada kedua kaki – SOLID GOLD 

Sumber : Popular World