Pekerjaan Rumah Yang Setara Olahraga

PT SOLID GOLD BERJANBagi yang punya kesibukan cukup padat, dibutuhkan alasan yang kuat untuk bisa berolahraga.

Asal jangan sampai kesibukan yang justru menjadi alasan untuk membiarkan tubuh nggak terawat begitu saja. Karena selain masih bisa melakukan beberapa olahraga ringan seperti push up atau angkat dumbbell

Jadi nggak sekadar membereskan urusan domestik saja, kamu juga akan dapat manfaat tubuh yang bugar setelah melakukan beberapa di antara pekerjaan rumah berikut

Mencuci Baju

Kalau kamu mau dapat kebugaran tubuh dari hanya sekadar mencuci pakaian, maka tinggalkan mesin cuci dan beralihlah ke cara lama menggunakan tangan.

Menurut penelitian, kegiatan seperti mengangkat ember, menyikat dan memeras pakaian merupakan latihan yang bagus untuk otot tangan, telapak, dan lengan.

Melansir dari Woman & Home, mencuci pakaian selama satu jam bahkan bisa membakar sekitar 148 kalori.

Menyapu Lantai

Kalau biasanya kamu nyapu lantai cuma di bagian yang terlihat saja, maka sekarang cobalah untuk total sampai ke sela-sela sulit.

Karena nyatanya menyapu selama kurang lebih setengah jam bisa membakar sekitar 80-100 kalori. Nggak hanya itu, menyapu juga meningkatkan metabolisme, memperkuat otot dan tulang punggung.

Manfaat tersebut bisa kamu dapat dengan catatan kegiatan bersih-bersih ini dilakukan menggunakan sapu bukan alat penyedot debu.

Mengepel Lantai

Meski alat pel sekarang sudah canggih, mengepel dengan cara lama yakni menggunakan lembaran kain dan berjongkok masih yang terbaik dalam manfaat kesehatan.

Aktivitas berjongkok dan bergerak membuat paha, otot punggung, pergelangan kaki, hingga betis yang efektif bekerja selama satu jam mampu membakar sekitar 170-238 kalori.

Menata Kamar

Beruntunglah kamu yang rajin menata kamar. Karena kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik seperti mengangkat meja, menggeser lemari atau tempat tidur, hingga sekadar melipat pakaian ternyata sangat bermanfaat sebagai latihan bagi otot-otot.

Gerakan yang terjadi selama mengorganisir kamar dapat diapresiasi sebagai olahraga karena mampu membakar cukup banyak kalori.

Berkebun

Menurut beberapa jurnal ilmiah, berkebun merupakan kegiatan positif yang bisa menjaga kesehatan mental dan fisik.

Selain itu, berkebun juga menjadi terapi yang mampu menghilangkan stres dan cemas, khususnya bagi para orang tua selain juga tentunya anak muda.

Aktivitas fisik selama berkebun akan melibatkan otot paha, tulang punggung, lengan, dan pergelangan kaki. Melansir Medical News Today, berkebun selama 30 menit sedikitnya bisa membakar 176 kalori – SOLID BERJANGKA