Tips Menghadapi Orang Yang Sering Ingkar Janji – PT Solid Gold

PT SOLID GOLD PALEMBANG | Janji adalah hutang. Ungkapan itu menggambarkan bagaimana beratnya mengucapkan sebuah janji.

Di sisi lain, kita sering terlalu percaya dengan sebuah janji dan selalu mengharap janji itu ditepati. Tapi bagaimana jika janji tersebut sering tidak ditepati? Beginilah caranya menghadapi orang yang sering ingkar janji

1. Putuskan apa yang kamu inginkan

Agar kamu tidak kecewa dengan janji-janji orang lain, sebaiknya kamu ucapkan saja apa yang kamu inginkan.

Yang lebih penting lagi adalah bagaimana membuat orang tersebut mengerti keinginan kamu. Sehingga dia tahu cara menepatinya.

2. Atur ekspektasi

Janji dan ekspektasi sangatlah berhubungan. Semakin tinggi ekspektasi terhadap sebuah janji, tinggi pula risiko kekecewaannya.

Tipsnya adalah hindari hal-hal yang ambigu saat orang lain memberikan janji terhadapmu. Kamu juga perlu untuk meminta klarifikasi yang spesifik terhadap orang tersebut.

3. Mintalah penjelasan terlebih dahulu

Jika orang lain terlanjur tidak menepati janjinya, mintalah penjelasan terlebih dahulu. Jangan sampai kamu memberikan tuduhan negatif sebelum orang tersebut memberikan alasannya.

Hal ini sangat penting karena bisa saja orang tersebut sangat sibuk atau harus belajar membuat prioritas.

4. Jelaskan efek dari ingkar janji

Ada baiknya kamu memberikan pelajaran terhadap orang yang suka obral janji. Kamu bisa jelaskan bagaimana suatu hal bisa terhambat karena janji tersebut tidak ditepati.

Langkah ini terdengar klise akan tetapi tidak ada salahnya memberikan gambaran pentingnya sebuah janji.

5. Berilah penghargaan

Tidak selamanya orang mengingkari janjinya. Ada suatu saat orang tersebut sadar dan tulus untuk menepati janji yang diucapkan. Berilah penghargaan yang positif jika orang tersebut telah menepati janjinya.

Sumber : Brilio