Cara Menyimpan Telur Agar Lebih Awet – Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA PALEMBANG – Sebagai bahan makanan ekonomis yang nikmat, telur ayam adalah santapan favorit.

Selain kaya nutrisi, hampir semua kebutuhan pangan bisa diolah menggunakan telur. Dari mulai nasi goreng, sup, kue, bahkan minuman seperti STMJ.

Nggak heran kalau telur jadi bahan makanan yang wajib ada di setiap rumah, apalagi di masa karantina mandiri seperti saat ini.

Cuci Bersih

Telur yang kamu beli di pasar harus segera dicuci bersih sebelum disimpan. Selain karena alasan kebersihan, memastikan telur bersih dari kotoran yang menempel di cangkang bisa mencegah bakteri memengaruhi isi telur.

Simpen Di Kulkas

Kalau di rumahmu ada kulkas, simpan lah telur yang sudah dicuci bersih di sana. Bakteri yang sering hinggap di telur nggak akan bisa berkembang dalam ruangan bersuhu dingin.

Food and Drug Administration (FDA) bahkan mewajibkan semua telur disimpan di bawah suhu 7 derajat Celcius. Dengan ini telur bisa tahan 4-5 minggu.

Pakai Freezer

Melansir laman Healthline, menyimpan telur dalam freezer juga disarankan oleh FDA lo. Tapi jika ingin melakukannya, kamu harus memecah telur dan meletakkan ke dalam wadah.

Kalau freezer-mu punya suhu -18 derajat Celcius, maka persediaan telurmu bisa awet hingga satu tahun lo!

Jangan Di Pintu

Meski kebanyakan kulkas menyediakan rak penyimpanan telur di bagian dalam pintu, usahakan untuk nggak menggunakan area tersebut.

Guncangan saat membuka-tutup kulkas bisa saja merusak isi telur meski cangkangnya baik-baik saja. Selain itu, suhu di area pintu kulkas yang nggak stabil karena sering dibuka-tutup bisa memengaruhi usia telur – SOLID BERJANGKA