Makanan Yang Baik Untuk Menu Sahur – Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA PALEMBANG – Seringkali kita melupakan dan melewatkan sahur. Sehingga kamu kekurangan energi sepanjang hari.

Efeknya, kamu menjadi lemas, mengantuk, dan ujung-ujungnya aktivitasmu tidak berjalan secara baik. Selain itu, kamu perlu memperhatikan pola makan ketika sahur berlangsung.

Setelah sahur, disarankan supaya tidak langsung tidur agar makanannya dapat dicerna oleh tubuh. Untuk menjaga pola makan sehat selama sahur, berikut ini adalah makanan-makanan yang harus ada saat sahur

Kurma

Selain dianjurkan untuk dimakan selama buka puasa, ternyata kurma juga harus dikonsumsi selama sahur. Seperti yang dikutip dalam CNN, kurma mengandung tiga jenis gula seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang dapat menjaga kestabilan gula dalam darah.

Tidak hanya kandungan gula yang luar biasa dalam kurma. Namun juga kaya akan serat. Sehingga tidak mudah merasa lapar selama berpuasa.

Daging Ayam dan Ikan

Protein tidak kalah penting untuk tubuh. Karena khasiatnya sebagai zat yang dapat mengatur proses metabolisme nantinya menjadi energi. Namun terlalu banyak protein juga tidak dapat untuk dikonsumsi ketika sahur.

Karena sedikitnya kadar air menyebabkan mulut berbau tidak sedap sepanjang hari. Maka dari itu, perlu memperhatikan jumlah protein yang masuk ketika berpuasa.

Lemak Avocad

Tidak semua lemak baik bila dikonsumsi oleh tubuh. Namun terdapat lemak sehat yang ternyata dibutuhkan oleh tubuh. Kegunaannya untuk mendukung pelepasan energi dari makanan yang telah dikonsumsi selama sahur.

Sehingga makanan kamu tidak terbuang sia-sia. Lemak sehat terdapat pada buah avokad yang manis dan enak bila dikonsumsi. Jangan lewatkan buah yang satu ini ya.

Sayuran Timun dan Tomat

Sayuran yang kaya akan zat penting seperti vitamin dan mineral cukup diperlukan tubuh. Namun jangan konsumsi dalam keadaan perut kosong. Hal ini dapat mengganggu pencernaan kamu sepanjang hari. Sehingga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Beberapa sayuran yang baik untuk dikonsumsi selama sahur adalah mentimum dan tomat.

Nasi Merah

Tidak makan nasi biasa untuk sahur agar dapat menjaga nutrisi badan selama 14 jam berpuasa. Karena nasi merah ini merupakan karbohidrat yang lambat untuk dicerna. Hal ini bisa membuat rasa kenyang selama seharian.

Namun, karena sedikitnya beras merah di Indonesia, maka boleh mencampur nasi putih dan merah untuk mengoptimalkan energi selama berpuasa.

Semoga hidupmu jadi sehat dan bersemangat ya saat menjalani puasa – SOLID BERJANGKA

Sumber : idntimes