SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Saat sedang asyik ngabuburit bareng teman-teman, tiba-tiba mata terasa gatal. Dengan refleks, jari tangan mulai mengucek mata berharap dapat menghilangkan rasa gatal tersebut. Perpaduan antara rasa gatal, pedih, dan disertai kelegaan seakan memberikan nikmat tersendiri sehingga sulit untuk dihentikan. Tanpa sadar aktivitas ini tidak disarankan oleh para ahli mata, karena dapat menimbulkan efek buruk.

Menurut Susan Resnick, OD, mengucek mata saat gatal dapat memperburuk kondisi, bisa menimbulkan mata merah dan memicu rasa gatal yang semakin parah. Mengucek mata dapat memperburuk alergi, dengan merangsang sel-sel di mata untuk melepaskan histamine. Inilah yang menyebabkan mata mengalami kemerahan dan rasa gatal yang kian menjadi-jadi.

Tidak hanya itu, dapat membuat bakteri dan virus yang ada di tangan berpindah ke mata. Terlalu sering menyentuh mata dengan tangan yang kotor menjadi penyebab awal terjadinya infeksi dan iritasi mata.

Mengucek mata yang gatal juga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya astigatmatisme atau perubahan kornea. Hal ini membuat pandangan jadi kabur dan hanya bisa menfokuskan penglihatan pada satu titik saja, astigatmatisme juga menimbulkan beragam keluhan, seperti sakit kepala, rasa lelah pada mata, serta menurunnya daya penglihatan.

Oleh karena itu, hindari mengucek mata apabila rasa gatal mulai menyerang. Hindarkan tangan dari mata dan lawan keinginan untuk menggosok-gosok mata. Lanjutkan dengan memberikan obat tetes mata yang mampu mengatasi mata lelah dan kering secara efektif, serta menyembuhkan iritasi mata ringan, penyebab mata gatal-SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber