Perhatikan Ini Saat Mendaki Gunung Pertama Kali – Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA PALEMBANG – Bukan cuma pantai, saat ini spot wisata yang sangat diburu terutama oleh para anak anak muda tentu saja gunung.

Hampir setiap waktu banyak sekali para pendaki yang mencoba menaklukan gunung tertentu, apalagi di momenmomen yang sebentar lagi ada libur panjang seperti saat ini.

Namun terlepas dari itu, ternyata banyak lho orang yang masih belum kesampaian untuk bisa mendaki gunung, padahal keinginan sudah ada, bahkan sudah banget deh.

Tentu saja ada beberapa alasan mulai dari tidak adanya teman yang  diajak, masih takut karena mendaki gunung tentu sesuatu yang tidak sembarangan dan tidak mudah.

Apalagi bagi kamu yang belum pernah sekalipun naik gunung.

Beberapa tips untuk kamu yang ingin banget mendaki tapi masih takut atau masih belum tahu apa yang perlu dipersiapkan.

Agar sukses menikmati indahnya pemandangan atas gunung dan tentunya, bisa foto untuk eksis di sosmed, betul?
Berikut tipsnya.

Melatih Otot Kaki

Satu hal yang paling dasar dan sangat penting dan merupakan suatu prioritasnya tinggi saat akan naik gunung adalah kondisi fisik, tidak sekedar sehat.

Tapi juga fisik harus benar benar kuat karena mendaki gunung tentu membutuhkan tenaga dan ketahanan yang tinggi.

Oleh karena itu sebelum kamu mewujudkan keinginan kamu untuk benar benar mendaki gunung, siapkan dulu fisik kamu terutama otot kaki dan keseimbangan.

Otot kaki penting karena mendaki tentu akan melelahkan terutama pada kaki dan keseimbangan juga tidak kalah penting karena trek ke gunung tentu sulit.

Siapkan Semua Peralatan

Di gunung, akan sangat fatal apabila kamu tidak benar benar dalam mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa.

Bukan hanya makanan, ada cukup banyak peralatan yang wajib kamu bawa mulai dari jaket, sarung tangan, tutupkepala, sepatu gunung, kaos kaki, tas besar dan kecil, matras, senter dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa diskusi dengan teman mendaki kamu, karena tidak mungkin kan kamu akan mendaki gunung sendirian?

Ingat, jangan sampai ada perlengkapan penting yang tidak dibawa, kalau sekiranya di gunung susah mendapatkan, ya bawa dari rumah, tapi kalau untuk makanan sih tentu bisa beli di sekitar area sebelum pendakian.

Meminta Istirahat

Tips mendaki gunung untuk pemula yang sangat penting adalah usahakan kamu benar benar kuat saat pendakian, jangan sampai memaksakan fisik.

Kalau lelah, mintalah teman temanmu untuk istirahat berhenti sejenak. Karena biasanya orang akan malu untuk meminta hal seperti ini karena takut dikira cupu, hehehe.

Ini juga penting sekali untuk meningkatkan daya konsentrasi kamu karena medan mendaki gunung tentu sulit dan berliku.

Jadi selain butuh kekuatan, juga butuh daya konsentrasi tinggi dalam berjalan.

Jangan Pernah Mengeluh

Nah ini dia yang hampir semuaorang rasakan saat mendaki gunung terutama untuk yang masih pemula. Mengeluh saat perjalanan mendaki gunung adalah sesuatu yang sia-sia banget!

Bukannya happy, kamu justru bakal merasa menyesal mau mendaki gunung.

Cobalah untuk selalu menikmati suasana sekitar dan tentunya menikmati perjalanan sampai saatnya kamu sampai di puncak gunung.

Karena tidak seperti wisata lain, menikmati keindahan pemandangan atas gunung memang butuh perjuangan yang cukup luar biasa termasuk kesabaran juga.

Ikuti Instruksi

Tips terakhir sebenarnya bukan hanya untuk pemula saja sih, tapi untuk semua para pendaki gunung.

Kalian wajib memperhatikan dan mengikuti instruksi yang diberikan petugas pendakian gunung, jangan egois walau kamu sudah sering naik gunung sekalipun.

Apalagi untuk kamu yang masih pemula, mengikuti setiap instruksi petugas tentu sangat penting sekali demi kelancaran pendakian kalian.

Kalau ada yang ingin atau belum kamu tahu, tanyakan saja – SOLID BERJANGKA