5 Tips untuk Memilih Durian Yang Baik – Solid Gold

SOLID GOLD PALEMBANG – Bagi para penggila durian, buah ini memiliki kesan tersendiri yang pastinya membuat ketagihan. Namun ketika membeli durian, seringkali kita salah dan mendapatkan buah yang tidak sesuai harapan.

Ada tips untuk Anda bagaimana memilih durian yang bagus kualitasnya. Simak tipsnya di bawah ini.

1. Jangan Melihat Fisik

Buah durian memiliki warna hijau, kuning, hingga kecokelatan. Warna buah durian belum tentu menunjukan kualitas durian.

Warna hijau belum tentu tidak matang. Begitu juga warna kuning, belum tentu sudah matang. Durian lokal atau yang tumbuh di Indonesia umumnya bila berwarna hijau menandakan telah matang.

2. Perhatikan Bunyi

Memilih durian dapat ditentukan dari bunyi durian yang dipukul-pukul. Jika durian berbunyi “mendem” atau tidak keras berarti itulah durian yang siap untuk Anda makan.

Sementara jika berbunyi kencang ketika dipukul, berarti durian masih belum matang.

3. Lihat Tangkai

Buah durian jatuh langsung dari pohon memiliki kualitas daging yang matang. Durian berkualitas baik diambil ketika jatuh bukan dipetik paksa dari pohon.

Jika terlihat tangkainya halus, maka buah itu dipotong dengan menggunakan pisau atau dipetik sebelum matang. Sementara, tangkai yang tidak rata menunjukkan buah jatuh alami.

4. Tentukan Musim

Musim ketika tumbuh juga memengaruhi kualitas daging. Durian yang dihasilkan ketika musim hujan, biasanya daging durian tersebut akan gagal mencapai kualitas terbaik.

Musim yang disarankan untuk melahap kelegitan buah ini adalah ketika musim kemarau.

5. Aroma Khas

Sambil melihat fisik durian, cobalah untuk mencium aroma wanginya. Buah durian yang matang, walaupun belum dibuka kulitnya, aromanya sudah menembus.

Dekatkan hidung dan hirup aromanya. Jika sudah tercium wanginya, berarti durian itu sudah matang. Nah, itu dia tips memilih durian. Jangan sampai kamu kecewa lagi ya ketika memilih durian – SOLID GOLD 

Sumber : Kumparan