Mampukah Harga Emas Sentuh USD 1.800 Pekan Ini – Solid Gold

SOLID GOLD PALEMBANG – Para analis dan pelaku pasar di Wall Street memperkirakan harga emas akan melaju pada perdagangan di pekan akhir Juni dan awal Juli ini.

Hal ini karena pada pekan sebelumnya harga emas sudah berada di tepat di bawah level USD 1.800 per ounce.

Pada pekan lalu, harga emas mengakhiri pekan dengan naik sekitar 1 persen setelah mengalami tekanan yang dalam usai pengumuman kebijakan moneter dari Bank Sentral AS atau The Federal reserve (the Fed).

Pada sesi terakhir perdagangan pekan lalu, harga emas berjangka Comex Agustus diperdagangkan terakhir di level USD 1.786,10 per ounce.

Para analis mengatakan bahwa pendorong utama kenaikan harga emas adalah sentimen dolar AS, imbal hasil obligasi 10 tahun AS dan juga daya makro ekonomi AS.

Hasil survei Harga Emas menunjukkan bahwa dari 13 analis yang berpartisipasi,53,8 persen menyatakan harga emas akan bullish pada minggu ini.

Separuh suara lainnya dibagi rata antara kubu bearish dan netral, masing-masing mengumpulkan 23,1 persen suara.

Tren serupa terlihat dari survei ke pelaku pasar di Main Street. Dari 839 investor ritel yang berpartisipasi, sebanyak 54,1 persen menyatakan harga emas akan bullish pada minggu ini.

Sedangkan sebanyak 24,2 persen menyatakan harga emas akan bearish, dan sebanyak 21,7 persen pelaku pasar menyatakan netral.

Para analis melihat pergerakan di atas level psikologis USD 1.800 per ounce menjadi tanda bullish utama yang harus diperhatikan.

Momentum sedang naik, dan basis tampaknya telah ditempa di sekitar USD 1.773 per ounce. Pergerakan di atas USD 1.800 diperlukan untuk mengkonfirmasi bagian bawah.

Target awal USD 1.820 dari penurunan Juni dan USD 1.833 dari pergerakan rata-rata harian Selain itu, ada pandangan bahwa aksi jual yang dipicu the Fed sudah berlebihan, terutama mengingat komentar yang lebih dovish yang datang dari Gubernur the FedJerome Powell.

Sinyal bullish lainnya adalah bahwa Bitcoin tidak lagi mengalami reli baru setelah sempat jatuh di bawah USD 30.000 dan menghapus semua kenaikan year-to-date selama pekan lalu – SOLID GOLD

Sumber : Liputan 6