Makanan Yang Bisa Meredakan Sembelit – PT Solid Gold

PT SOLID GOLD PALEMBANG – Masalah pencernaan merupakan hal yang bisa mengganggu aktivitas kita sehari- hari. Salah satu masalah pencernaan yang kerap terjadi adalah berupa konstipasi.

Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kondisi yang membuat kita kesulitan untuk mengeluarkan tinja.

Hal ini bisa membuat tinja menjadi keras dan kering sehingga kadang muncul rasa sakit di perut serta kembung.

Pada jangka panjang, sembelit ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lain. Hal ini bisa memicu munculnya ambeien atau wasir, luka di pantat, serta impaksi tinja.

Untuk mengatasi kondisi ini, dokter biasanya bakal merekomendasikan laksatif atau pencahar. Namun konsumsi makanan yang tepat bisa membantu kamu mencegah dan meredakan maslaah konstipasi ini.

Makanan kaya serat bisa menjadi cara untuk mencegah terjadinya masalah konstipasi ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan yang bisa membantumu meredakan masalah konstipasi.

Ubi Jalar

Ubi merupakan makanan yang kaya serat dan vitamin A serta sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Makanan ini sangat cocok untuk meredakan masalah konstipasi dan bahkan biasanya juga disarankan  padaseseorang yang melakukan kemoterapi.

Oatmel

Oatmeal merupakan salah satu sumber serat yang juga sangat kaya dan mampu menurunkan tingkat kolesterol buruk dalam diri.

Menambah oatmeal dengan berries dan kacang bisa membantu makanan ini semakin sehat dan meredakan masalah konstipasi.

Bayam

Bayam merupakan makanan yang bisa membantu mengatasi sembelit serta mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, makanan ini sangat penting untuk dikonsumsi sehari-hari.

Apel

Apel merupakan buah dengan kandungan sehat yang tak kalah berkhasiat terhadap masalah sembelit. Buah ini memiliki kandungan pektin yang kaya, serat tertentu yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya dengan kandungan serat, vitamin C serta K.  Konsumsi sayuran ini setiap hari bisa bermanfaat untuk mencegah dan meredakan masalah konstipasi.

Mengingat konstipasi bisa sangat mengganggu terutama dalam kehidupanmu sehari- hari maka sebisa mungkin hindarilah.

Konsumsi sejumlah makanan tersebut setidaknya bisa mencegah munculnya masalah tersebut – PT SOLID GOLD