SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Coba bayangkan salah satu negara pemilik senjata nuklir, seperti Amerika, Korea Utara, atau India, tiba-tiba meluncurkan roketnya ke negara lain dan memulai Perang Dunia ke III. Saat itu terjadi, mungkin negara dengan angkatan kapal selam terbaik yang bisa jadi pemenang.

Kita akan flashback sebentar ke tahun 1941 saat Jepang menyerang Pearl Harbour, markas armada Pasifik Angkatan Laut Amerika di Hawai. Ketika itu Jepang menang telak dengan armada yang didominasi oleh kapal selam.

Saat itu Jepang membawa 23 kapal selam dan 5 kapal selam mini, berbeda dengan Amerika yang  memiliki 4 kapal selam. Dengan mudah kapal selam Jepang mengkaramkan kapal-kapal perang Amerika.

Sejak itulah, negara-negara sekutu berlomba mengembangkan kapal selam yang canggih, terutama yang berbahan bakar nuklir. Kapal selam ini tidak hanya bisa menghilang dari radar selama berbulan-bulan tetapi juga bisa meluncurkan rudal nuklir. saat akan menyerang. Semua itu demi menjaga keamanan negara dan juga demi mempersiapkan diri bila terjadi Perang Dunia ke III-SOLIDGOLD BERJANGKA

1.Oscar II Class – Rusia (1986)
Kapal selam nuklir Rusia menjadi salah satu senjata Rusia yang ditakuti oleh NATO. Oscar II adalah kapal selam terbesar ketiga di dunia, setelah Typhoon Class (Rusia) dan Ohio Class (Amerika).

Kapal selam ini juga memiliki jarak penyelaman terdalam di antara kapal selam modern, yakni hingga 500 meter. Oscar II total mempunyai 24 tabung peluncur misil dan 6 tabung torpedo berukuran besar.

Walaupun dibanding kapal selam modern Oscar II kalah soal bersembunyi dari radar, kapal selam ini membawa beragam persenjataan besar seperti torpedo dan rudal anti kapal perang dengan jarak tembak 50 kilometer lebih. Kapal selam ini juga diketahui dibekali rudal nuklir untuk keaadaan darurat-SOLIDGOLD BERJANGKA

selanjutnya