SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Bursa saham Jepang rebound pada awal perdagangan 27 juni 2016, lalu ditopang oleh penguatan saham yang bersifat defensif dalam upaya Perdana Menteri Shinzo Abe untuk menenangkan pasar.

Indeks Topix menanjak 1,1 persen ke 1.217,38 , setelah sempat terjun 7,3 persen pada perdagangan Jumat, penurunan harian terbesar terjadi sejak membukukan penurunan 9,5 persen.

Sementara itu, mata uang yen Jepang bergerak stabil pada posisi 102,22 per USD, meski pound sterling Inggris melanjutkan pelemahannya, setelah mencatatkan penguatan terbesar pada Jumat akibat adanya krisis finansial di Asia.

Menurut Menteri Keuangan Taro Aso, yang dilansir oleh Bloomberg hari ini, PM Abe menginstruksikan sejumlah langkah untuk menstabilkan pasar dalam pertemuannya yang dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank of Japan Hiroshi Nakaso dan Kepala Sekretaris Kabinet Suga.

Kepada Nakaso, Abe mememerintahkan BOJ menyediakan dana demi mendukung sistem finansial serta menginstruksikan dalam menjamin likuiditas.

“Terdapat ekspektasi untuk kerja sama kebijakan,” kata Shoji Hirakawa, kepala strategi global Tokai Tokyo Research Center di Tokyo. “Namun hingga kita benar-benar melihat hal ini, sulit bagi pasar untuk mendapatkan penguatan.” – SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber : market.bisnis.com