Tujuan Dalam Melakukan Ibadah Puasa – Solid Gold Berjangka

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Dalam hitungan hari, seluruh umat muslim di dunia akan menyambut bulan penuh berkah, yaitu bulan Ramadan.

Nampaknya tahun ini akan berbeda dari bulan Ramadan di tahun sebelumnya.

Pasalnya, kini seluruh masyarakat dunia dihadapkan dengan tantangan besar, dan masih terus berjuang untuk menangani penyebaran pandemi  virus corona atau Covid-19.

Meski demikian, umat muslim dan seluruh masyarakat dunia harus tetap optimis dan  penuh harap bahwa ujian ini akan segera terlewati.

Bahkan dengan adanya bulan Ramadan yang sebentar lagi tiba, bisa menjadi kesempatan baik bagi umat muslim untuk memperbaiki diri. Salah satunya dengan menjalankan ibadah puasa dengan
baik.

Puasa memang menjadi ibadah wajib yang harus dijalankan oleh umat muslim saat bulan Ramadan.

Bukan tanpa alasan, ibadah mempunyai beberapa tujuan baik yang akan mendatangkan banyak manfaat bagi setiap umat yang menjalankan.

Meraih Taqwa

Tujuan puasa Ramadan yang pertama adalah untuk meraih taqwa. Tujuan ini seperti  yang tercantum dalam QS. AL Baqarah ayat 183

Taqwa bisa didapatkan seorang muslim, apabila ibadah puasa dijalankan tidak  hanya menahan lapar dan nafsu saja, tetapi juga disertai dengan perilaku yang baik

Menahan Diri

Tujuan puasa Ramadan yang kedua adalah untuk menahan diri. Menahan diri yang dimaksud adalah menahan diri dalam hal apapun.

Baik menahan diri dalam perkataan, perbuatan, juga nafsu.

Menahan diri dalam perkataan, bisa berupa menahan lisan dari perkataan buruk yang dapat melukai perasaaan orang lain, sekalipun kita mendapatkan ancaman dan makian dari orang tersebut.

Dalam masalah ini, kita bisa tetap menahan diri sambil berkata, “saya sedang menjalankan ibadah puasa.

Begitu pula dengan menahan diri dalam perbuatan. Puasa bisa membantu kita untuk menahan diri dari keinginan perbuatan atau perilaku buruk yang merugikan orang lain.

Bukan hanya itu, puasa juga mendukung kita untuk menhan segala nafsu yang ada.

Instropeksi Diri

ujuan puasa Ramadan berikutnya adalah sebagai upaya introspeksi diri.

Dikatakan, ibadah puasa di bulan Ramadan dapat mengajarkan umat muslim untuk introspeksi diri, tenggang rasa juga menahan amarah dan emosi.

Bahkan, menurut Toni Ervianto, alumnus pascasarjana Kajian Strategik Intelijen, Universitas Indonesia.

Ibadah puasa merupakan perpaduan alat ukur yang sempurna untuk mengetahui seberapa besar “intellectual quotion, emotional quotion dan spiritual quotion”

manusia dalam menghadapi hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang plural dengan dinamika perkembangannya yang bergerak cepat.

Dengan beberapa tujuan tersebut, umat muslim akan mendapatkan berbagai kebaikan dan manfaat dari ibadah puasa yang dijalankan saat bulan Ramadan.

Berikut beberapa manfaat puasa Ramadan yang bisa didapatkan – SOLID GOLD BERJANGKAx`