Gejala Sakit DBD Yang Harus Di Waspadai – Solid Gold

SOLID GOLD PALEMBANG – Di tengah mewabahnya pandemi covid-19, tak sedikit dari masyarakat kita yang juga bergelut dengan penyakit demam berdarah.

Demam berdarah atau yang dikenal dengan sebutan DBD (Demam Berdarah Dengue) ini memang sudah jadi penyakit menular langganannya penduduk di wilayah tropis, termasuk juga Indonesia.

DBD disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dengan ciri-ciri memiliki totol putih di tubuhnya dan kerap menghisap darah pada pagi hingga siang hari.

Gejala DBD yang nggak boleh diabaikan. Biasanya mulai muncul sekitar empat sampai sepuluh hari setelah digigit nyamuk pembawa virus

Demam Tinggi

Ini yang sering disepelekan karena gejala ini mirip dengan beberapa penyakit lainnya yang juga muncul demam. Kamu harus pahami perbedaan demam biasa dengan demam yang disebabkan oleh DBD.

Pertama, demam DBD bisa mencapai 40 derajat Celcius hingga membuat penderitanya menggigil. Kedua, demam DBD berlangsung sepanjang hari selama dua hingga tujuh hari.

Nggak seperti demam pada tifus yang naik turun dan berpola waktunya. Ketiga, demam DBD nggak disertai dengan gejala bersin atau batuk seperti pada flu.

Sakit Kepala

Beberapa jam setelah mengalami demam, gejala yang akan muncul selanjutnya adalah sakit kepala yang cukup parah.

Biasanya rasa sakit ini terjadi di sekitar dahi hingga pada bagian belakang mata. Kondisi ini merupakan gejala umum yang sering terjadi.

Nah, gejala DBD pada anak balita biasanya baru muncul pada empat hingga tujuh hari terinfeksi.

Ruam Merah

Gejala DBD yang sangat khas adalah muncul bintik merah di bagian bawah kulit yang terjadi akibat pendarahan dan nggak pudar jika ditekan.

Biasanya, bintik merah ini baru akan muncul setelah penderita mengalami demam selama beberapa hari.

Pada beberapa kasus, demam DBD juga akan menyebabkan mimisan dan pendarahan ringan pada gusi. Kemunculan ruam merah ini juga menjadi salah satu gejala DBD pada anak dan bayi.

Nyeri Otot

Pasien juga umumnya akan merasakan nyeri pada bagian otot, sendi, dan tulang yang mulai terasa setelah kemunculan demam.

Terkadang juga terdapat nyeri pada ulu hati yang khas — yang bukan seperti mag. Gejala DBD ini disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat.

Mual Muntah

Pada beberapa pasien, masalah pencernaan juga bisa terjadi, seperti mual dan muntah. Gejala ini bisa terjadi selama dua sampai empat hari.

Jika timbul gejala DBD pada bayi yang terus-menerus mengalami muntah dan nggak nafsu makan, maka perlu segera dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan cairan infus – SOLID GOLD