Emas Naik Karena Lonjakan Covid 19 – Solid Gold Berjangka

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Harga emas naik lebih dari 1 persen pada perdagangan Selasa, didukung oleh ekspektasi lebih banyak paket bantuan virus Corona di Amerika Serikat karena meningkatnya kasus COVID-19 memperbarui kekhawatiran atas korban ekonomi akibat pandemi.

Dikutip dari CNBC Rabu harga emas di pasar spot emas naik 1,4 persen menjadi USD 1,852,36 per ounce. Sementara harga emas berjangka AS ditutup naik 1,3 persen pada USD 1,855.30.

Ada kemungkinan stimulus lolos dan itulah yang ditunggu-tunggu oleh pasar emas,” kata Jeffrey Sica, Pendiri Circle Squared Alternative Investments.

Kebanyakan orang telah menerima kenyataan bahwa vaksin akan menghentikan gelombang berikutnya, tetapi tidak banyak hubungannya dengan gelombang saat ini lanjut dia.

Angka kematian akibat COVID-19 di AS yang mengejutkan memberi tekanan pada anggota parlemen untuk memberikan bantuan, meningkatkan optimisme sekitar USD 1,4 triliun.

Sementara itu harga Emas, yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap kemungkinan inflasi dan penurunan nilai mata uang, telah meningkat lebih dari 22 persen sepanjang tahun ini di tengah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilepaskan secara global.

Infeksi yang meningkat juga menyebabkan pembatasan yang lebih ketat diberlakukan di Belanda, Jerman, dan London. Dolar AS yang lemah semakin meningkatkan daya tarik untuk emas batangan dalam denominasi greenback.

Investor juga menunggu pertemuan Federal Reserve AS mulai hari Selasa, dengan bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga mendekati nol.

Harga emas memiliki resistensi pada USD 1.879 per ounce, dengan penutupan di atas level USD 1.894, mengarahkan harga untuk naik ke USD 1.920, kata Phillip Streible, Kepala Strategi Pasar di Blue Line Futures di Chicago.

Perak melonjak 2,7 persen menjadi USD 24,45 per ounce, dan paladium naik 1,9 persen menjadi USD 2,336.62. Kedua logam tersebut naik lebih dari 3 persen di awal sesi.

Peran ganda perak sebagai logam mulia dan bahan industri membuatnya lebih menarik pada saat aktivitas ekonomi diperkirakan akan pulih  kata Fawad Razaqzada, Analis Pasar ThinkMarkets. Selain harga emas, harga platinum juga naik 1,8 persen menjadi USD 1.025,08 – SOLID GOLD BERJANGKA