Emas Melonjak Dipicu Pelemahan Dolar AS – PT Solid Gold Berjangka

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Harga emas naik pada perdagangan Rabu atau Kamis waktu Jakarta, terangkat oleh pelemahan dolar, meskipun kenaikan tetap terkendali setelah Menteri Keuangan ASJanet Yellen mengatakan suku bunga mungkin perlu naik.

Pada Hari Kamis harga emas di pasar spot emas naik 0,25persen menjadi USD 1.782 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,4persen menjadi USD 1.783.

Pelemahan dolar secara lebih luas, setelah penjualan yang kuat tadi malam telahmendukung harga emas,” kata Analis IG Market Kyle Rodda.

Akan ada zona resistensi yang cukup kuat antara USD 1.800 dan USD 1.810, jikaharga kebetulan menembus sana, Anda mungkin melihat beberapa pembeli di sisilain itu,” ungkap dia.

Indeks dolar turun 0,1 persen terhadap para pesaingnya setelah mendekati puncakdua minggu di sesi sebelumnya.

Harga emas turun lebih dari 1 persen pada perdagangan Selasa setelah Yellenmengatakan dia tidak melihat masalah inflasi, meremehkan komentar sebelumnyabahwa kenaikan suku bunga mungkin diperlukan untuk menghentikan ekonomi yangterlalu panas karena rencana Presiden Joe Biden mendorong pertumbuhan.

Suku bunga yang lebih tinggi mengurangi daya tarik emas karena meningkatkanbiaya peluang memegang emas batangan.

Fokus investor diperkirakan akan beralih ke data upah April 2021 yang akandirilis pada hari Jumat untuk isyarat lebih lanjut tentang kesehatan ekonomi AS.

Sejauh ini, Ketua Federal Reserve Jerome Powell berpendapat pasar tenaga kerjamasih jauh dari kebutuhan untuk mulai membahas pengurangan pembelian aset.

Di tempat lain, paladium berjangka naik 0,7 persen menjadi USD 2.998 per ouncesetelah mencapai level tertinggi sepanjang masa di USD 3.017,18 pada sesisebelumnya, didorong oleh kekhawatiran akan kekurangan logam.

Kekhawatiran kekurangan pasokan logam diperburuk setelah produsen utamaNornickel mengumumkan gangguan di dua tambang Siberia karena genangan air pada Maret.

Saat harga emas naik, harga perak justru tergelincir 0,5 persen menjadi USD26,42. Sementara harga platinum turun 0,3 persen menjadi USD 1.228, bergeraklebih jauh dari level tertinggi dalam 2 bulan lebih yang disentuh pada perdagangan Selasa.

Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) tercatat anjlok padaRabu pekan ini. Begitu pula dengan harga jual kembali atau buyback yang jugamengalami penurunan.

Mengutip laman Logam Mulia, Rabu (5/5/2021), harga emas Antam turun Rp 8.000 pergram menjadi Rp 922 ribu per gram. Pada perdagangan sebelumnya harga jual emasAntam di level Rp 930 ribu per gram.

Demikian pula harga emas Antam buyback juga turun Rp 8.000 per gram menjadi Rp825 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akanmembelinya di harga Rp 825 ribu per gram.

Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram.

Hingga Selasa, 4 Mei 2021, pukul 08.13 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Antam juga menyediakan emas dalam bentuk lain, seperti batik, koin dinar, dirhammaupun emas koleksi lainnya – PT SOLID GOLD BERJANGKA