Emas Dunia Tergelincir Akibat Penguatan Dolar AS – Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA PALEMBANG – Harga emas dunia melemah dipicu Dolar AS yang menguat dan kekhawatiran Federal Reserve akan mengurangi stimulus yang membebani sentimen logam mulia.

Meskipun kerugian harga emas dibatasi oleh kekhawatiran meningkatnya kasus COVID-19 akan memperlambat pertumbuhan global.

Melansir laman Nasdaq, Jumat harga emas di pasar spot turun 0,4 persen menjadi USD 1.780,81 per ounce. Harga emas berjangka AS turun 0,1 persen menjadi USD 1.782,30.

Dolar diperdagangkan lebih tinggi, tetapi emas merayap kembali dengan sedikit dorongan terutama karena gejolak di pasar ekuitas,” kata Analis ED&F Man Capital Markets Edward Meir.

Dolar AS membebani daya tarik emas, karena greenback naik ke level tertinggi sembilan bulan terhadap para pesaingnya. Hal ini membuat harga emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Risalah dari pertemuan Fed pada Juli, menunjukkan para pejabat mengharapkan mereka dapat mengurangi stimulus tahun ini, meskipun ada pembagian atas pemulihan pasar tenaga kerja.

Satu-satunya hal yang belum jelas adalah kapan (taper) ini mungkin terjadi. Meskipun demikian, tapering sekali lagi telah diperhitungkan pada emas sekarang,” kata analis Commerzbank Daniel Briesemann.

Pembicaraan ini dan kekhawatiran atas meningkatnya kasus varian Delta COVID-19 memukul sentimen risiko di pasar keuangan yang lebih luas, mendorong investor menuju aset safe-haven.

Peran emas sebagai tempat berlindung yang aman terlihat cukup aman, menyusul aksi jual aset berisiko secara keseluruhan,” kata analis OANDA, Craig Erlam.

Sementara itu, data menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun ke level terendah 17-bulan pekan lalu, menggarisbawahi pandangan baru-baru ini dari pejabat Fed tentang pemulihan pasar tenaga kerja.

Di sisi lain, harga perak turun 0,9 persen menjadi USD 23,28 per ounce. Harga Platinum susut 2,5 persen menjadi USD 969,92. Sementara harga paladium turun 3,2 persen menjadi USD 2,348,05, ke level terendah sejak pertengahan Maret – SOLID BERJANGKA

Leave a Reply

Your email address will not be published.