Cara Membuat Ketupat Agar Tidak Lembek – PT Solid Gold Berjangka

PT SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Ketupat sangat identik sebagai sajian Lebaran. Biasanya masyarakat Indonesia akan membuat ketupat di akhir Ramadhan dan menyajikannya bersama hidangan lain saat Lebaran. Ketupat terbuat dari beras dan dimasak dengan metode rebus.

Bungkus ketupat terbuat dari daun kelapa muda atau biasa disebut janur kelapa.Executive Chef Suwanta dari Fourpoint by Sheraton Hotel Makassar membagikan tips membuat ketupat agar padat dan harum.

Salah satu cara bikin ketupat yang tidak lembek alias padat dimulai dari bungkusnya yaitu janur kelapa.

Menurut Executive Chef Suwanta dari Fourpoint by Sheraton Hotel Makassar, bungkus ketupat yang telah dirangkai harus direndam dalam air lebih dulu.

Suwanta mengatakan bahwa merendam bungkus ketupat dalam air bertujuan untuk menghilangkan bulu halus yang ada di sekitar daun kelapa muda. Selanjutnya, penting untuk memperhatikan seberapa banyak beras yang dimasukkan ke dalam bungkus ketupat.

Akan lebih bagus menggunakan proses memasak dengan kayu, dengan pakai kuali tanah liat. Itu pasti hasilnya luar biasa enaknya,” kata Suwanta.

Sayangnya,saat ini kuali tanah liat sudah mulai langka ditemukan sehingga lebih banyakyang menggunakan kompor gas. Menurut Suwanta, memasak dengan kayu bakar dankompor merupakan dua arah culture yang sudah berbeda.

Dari kedua budaya tersebut Suwanta mengatakan bahwa memasak ketupat lebih bagus dan otentik dengan tanah liat dan kayu. Aroma yang dihasilkan ketupat dengan metode masak menggunakan kayu bakar berbeda dengan yang dimasak dengan kompor – PT SOLID GOLD BERJANGKA