Ini 5 Cara Ilmiah Untuk Menghilangkan Gugup – Solid Gold

SOLID GOLD PALEMBANG – Banyak orang stres saat harus berbicara di depan orang banyak. Mereka takut ditertawakan jika mereka melakukan kesalahan di depan audiens.

Merasa gugup atau grogi sebelum pertunjukan itu sesuatu yang alami kok dan merupakan bagian dari cara tubuhmu untuk membantumu melakukan yang terbaik. “Hormon stres” (seperti adrenalin) yang diproduksi tubuhmu di saat seperti ini benar-benar dapat membantumu fokus.

Namun saat rasa khawatir dan stres karena tampil terlalu berlebihan, hormon ini akan memberi sinyal bahaya – yang membuat kamu merasa dingin atau berkeringat, sampai merasa sakit perut atau merasa gak bisa berpikir jernih.

Persiapan dengan baik

Kamu gak bakal beku dalam kegugupan jika kamu sudah siap dengan baik. Berlatih lah sebanyak yang kamu bisa – sendiri maupun di depan orang lain – di setiap kesempatan.

Berlatih lah sampai kamu merasa rileks dan siap. Gak ada yang bisa menenangkan syarafmu sendiri sebaik kepercayaan diri yang berasal dari meyakini bahwa dirimu siap.

Latihan Fisik dan Berpikir Positif

Alih-alih memikirkan kesalahan yang mungkin terjadi, penuhi dirimu dengan energi positif. Saksikan tim sepak bola sebelum mereka berlari ke lapangan.

Mereka masuk dalam kelompok dan berdoa atau menyanyikan sebuah lagu tim, untuk memompa diri mereka dengan energi positif serta membangkitkan semangat tim.

Kamu dapat melakukan ini, baik itu tampil sendiri atau dalam kelompok. Minta lah masukan dari teman-temanmu. Katakan juga pada dirimu sendiri, “Aku bisa melakukannya!” “Aku siap melakukan ini – inilah saatnya!” atau, “Ini pasti akan menyenangkan!”

Cari Cara Menenangkan Diri

Para pejuang muda, seperti pesenam Olimpiade dan penyanyi solo, berbicara tentang betapa pentingnya mempersiapkan kegugupan sebelum penampilan, sepenting penampilannya sendiri.

Pada kebanyakan kompetisi, ada jeda waktu cukup panjang untuk menunggu giliranmu tampil. Beberapa orang mengatasi kegugupan dengan foto orang yang inspirasional bagi mereka. Ada juga yang mendengarkan lagu favorit untuk membantu mereka bersantai.

Sementara beberapa orang diketahui belajar teknik yoga dan pernapasan untuk membantu mereka merasa tenang. Beberapa orang perlu aktif untuk rileks, yang lain perlu tetap diam dan tenang.

Cari tahu teknik apa yang sesuai untukmu, kemudian buat rencana untuk menggunakannya ketika sebelum pertunjukan besar.

Jagan Takut perasaan Gugup dan Takut

Saat kamu merasakan kegugupan, jangan panik! Jangan biarkan perasaan itu menghentikanmu atau mengintimidasimu. Biarkan saja ia mengalir apa adanya. Ingatkan dirimu bahwa itu fenomena alami, itu hanya sistem sarafmu yang siap membantumu siap.

Ketahuilah bahwa semua terserah pikiranmu untuk mengelolanya, demi keuntunganmu sendiri. Gunakan strategi pep-talk dan tenangkan dirimu sendiri untuk bisa melakukannya. Lalu, pergilah dengan mantap untuk berjuang!Jaga Diri Sendiri Dengan Baik

Sebelum pertunjukan besar, sangat mudah membuat dirimu gak terawat akibat menghabiskan terlalu banyak waktu untuk latihan. Kamu akan terlihat fresh dan merasa prima jika kamu cukup tidur dan makan makanan sehat,

sebelum penampilanmu. Olahraga juga dapat membantumu merasa lebih baik. Bersamaan dengan tidur cukup dan nutrisi terjaga, olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga hormon stres agar jangan sampai gak terkendali – SOLID GOLD

Sumber : IDNTimes