Cara Hemat Kuota Data di Android – PT Solid Gold

PT SOLID GOLD PALEMBANG – Bagi kamu para pencandu internet, tapi memiliki keterbatasan kuota data, maka pastinya kamu akan mencari cara untuk menghemat penggunaan data dalam ponselmu.

Tak bisa dipungkiri lagi, saat ini kuota data memang menjadi sangat penting bagi kita di kehidupan yang serba terkoneksi internet seperti sekarang

Oleh karena itu, kamu perlu mengatur sejumlah setelan pada ponselmu agar kamu terselamatkan dari label ‘boros’ kuota data.

Bagi yang bingung, kamu bisa menyimak 6 langkah berikut yang bisa kamu lakukan untuk menghemat data, khususnya untuk pengguna perangkat Android.

Mungkin cara-cara ini hanya memakan beberapa menit saja, jadi jangan khawatir karena cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu ikuti

Chrome Data Saver

Sebagai pengguna Android, maka pastinya kamu memiliki aplikasi browsing internet Google Chrome dalam ponselmu. Dan bagi yang belum tahu, browser ini memiliki fitur hemat data atau disebut data saver.

Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu waktu dua detik saja.

Setelah menyalakan fitur ini, kamu akan mengurangi ukuran data yang dikeluarkan saat membuka konten foto atau website lewat ponselmu.

Untuk mengaktifkannya, kamu buka aplikasi Chrome, kemudian pergi ke bagian Settings > Data Saver. Geser tombol ‘Off’ ke ‘On’.

Setelah aktif, kamu bisa melihat berapa besar data yang kamu hemat saat berselancar di Chrome.

Kurangi Kualitas Streaming

Tentu layanan streaming konten menjadi salah satu faktor terbesar yang paling banyak menyedot kuota data.

Layanan seperti Netflix, YouTube, Spotify, Google Play Music, Instagram Stories, atau Snapchat, akan menguras kuotamu.

Tapi, perlu diperhatikan di masing-masing layanan ada fitur untuk menghemat kuota atau mengurangi kualitas streaming yang disajikan.

Kamu bisa menetapkan pengaturan kualitas rendah di setiap layanan tersebut untuk menghemat data.

Ada opsi-opsi yang kamu pilih untuk melarang penggunaan data yang tidak perlu di aplikasi-aplikasi tersebut dan mengurangi kualitas streaming menjadi yang terendah.

Untuk mengeceknya, kamu bisa melihat bagian Settings di masing-masing aplikasi.

Jangan Pakai Aplikasi Facebook

Mengenai aplikasi raksasa media sosial Facebook, mungkin inilah waktunya kamu untuk melenyapkannya dari ponselmu.

Kenapa? Karena aplikasinya menyedot cukup besar kuota data, karena terus berjalan dalam background yang akan memberimu notifikasi saat ada komentar baru ada hal lainnya.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengakses Facebook melalui situs mobile biasa di browser, karena berbeda dengan aplikasinya, tidak terus bekerja saat browser ditutup.

Selain itu, ada alternatif lain lagi, yaitu kamu bisa menggunakan aplikasi Facebook Lite yang memang dirancang untuk kamu yang ingin mengakses Facebook dengan pengeluaran data yang lebih hemat.

Atur Layanan yang Tersinkronisas

Ketika kamu menambahkan akun Google milikmu ke dalam perangkat Android, maka akun itu akan langsung melakukan sinkronisasi dengan berbagai layanan yang terhubung dengan akun Google milikmu.

Sebagai contoh, Google Keep dan Google Fit adalah dua layanan yang langsung tersinkronisasi dengan akun Google, juga Google Play Games.

Kamu bisa membatasi layanan mana yang ingin kamu sinkronisasikan dengan akun Google-mu, caranya adalah buka bagian Settings, lalu ke Accounts dan pilih akun Google milikmu.

Lihat daftar semua layanan yang ada di perangkatmu, dan matikan semua yang kamu anggap tak penting.

Setelah selesai, mungkin kamu merasa layanan-layanan ini tidak terlalu menguras kuota datamu, tapi setidaknya bisa membantu walaupun sedikit.

Kamu bisa mengecek berbagai akun yang kamu punya di ponselmu dan pastikan pengaturan sinkronisasinya sesuai kebutuhanmu.

Batasi Data Background

Kamu bisa mencegah aplikasi-aplikasi terus bekerja selama di background atau saat tidak sedang digunakan, seperti mengecek emailmu dan memperbarui linimasa media sosial yang kamu gunakan di ponselmu.

Untuk mematikan penggunaan data di background, kamu bisa membuka Settings > Data Usage > tekan menu di bagian pojok kanan atas > Restrict background data > OK.

Bagi pengguna Android Oreo, kamu bisa langsung memilih Data Saver ketika membuka bagian Data Usage di ponselmu.

Dengan begitu, kebanyakan aplikasi di ponsel hanya akan menggunakan data saat kamu benar-benar aktif membuka ponsel atau sedang terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Atau saat kamu sedang membuka ponsel dan juga terhubung Wi-Fi.Dalam pengaturan Data Usage juga kamu bisa melihat siklus penggunaan data, yang bisa kamu batasi ke angka tertentu.

Apabila telah mencapai batas itu, kamu akan mendapatkan pemberitahuan.

Sumber: Kumparan