Cara Menghindari Bosan Di Rumah Saat ini – Solid Gold

SOLID GOLD PALEMBANG – Presiden Joko Widodo pada Minggu memberikan imbauan untuk melakukan social distancing atau jaga jarak sosial dengan cara berdiam diri di rumah.

Bekerja, belajar, hingga kuliah semuanya diimbau dapat dilakukan dari rumah. Meski terdengar menyenangkan, bagi yang tidak terbiasa, hal itu sangat tidak nyaman.

Bahkan hanya dalam hitungan beberapa jam, beberapa orang sudah akan merasa bosan. Pasalnya semua ruang gerak jadi serba-terbatas, tatap muka hanya dilakukan lewat gadget.

Untuk itu, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa DKI Jakarta membagikan dokumen tentang ‘Siap Mental Menghadapi Covid-19’, termasuk cara menghadapi ketidaknyamanan saat menjalani sosial distancing.

Menerima Ketidaknyamanan

Penerimaan munculnya kecemasan atau perasaan lain dalam diri akan membantu mengelola perilaku.

Penolakan perasaan yang muncul justru akan membuat perasaan itu semakin besar dan tidak terkontrol.

Bicara Dengan Orang

Tidak boleh berada dekat dengan orang lain, tidak berarti tidak boleh berkomunikasi. Manfaatkan technology-based communication untuk bisa berkomunikasi dengan kerabat. Berbagi perasaan merupakan hal yang efektif dalam mengelola emosi.

Pola Hidup Bersih

Tidur teratur, aktivitas fisik yang bisa dilakukan dalam ruangan, cuci tangan berkala, relaksasi, menghirup udara segar di pekarangan atau balkon.

Dan makan makanan bergizi merupakan aktivitas yang dapat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh.

Cari Info Terpecaya

Hindari laporan media atau broadcast chat yang sumbernya tidak jelas dan cenderung mengkhawatirkan.

Cari sumber yang terpercaya seperti situs web WHO atau dinas kesehatan setempat atau Kementerian Kesehatan RI. Jangan ikut menyebarkan informasi yang belum pasti

Aktifitas Menyenangkan

Sebisa mungkin batasi penggunaan gadget dan alihkan dengan aktivitas seperti bermain boardgame.

Bermain dengan keluarga, membaca buku, menonton film, relaksasi, menulis, memasak, menata rumah, menata taman rumah, mendengarkan musik, berdoa – SOLID GOLD