SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG  – Laptop sering menjadi pilihan sumber daya ketika smartphone kehabisan baterai. Namun sudah diketahui bila sumber listrik dari port USB laptop tidak cukup untuk mencharge smartphone.

Akhirnya butuh waktu lama proses charge smartphone , hal ini justru membuat baterai tak awet.

Menurut penelitian tim Kaspersky Lab menunjukkan bila terhubungnya smartphone ke laptop bisa memicu munculnya celah keamanan siber. Celah keamanan ini dapat dimanfaatkan hacker untuk mencuri data smartphone anda.

Saat smartphone dicharge ke laptop menggunakan kabel USB, akan terjadi proses ‘handsake’. Handsake adalah proses bertemunya antara perangkat dengan PC / Mac ketika terhubung. Hal tersebut memungkinkan data seperti nama perangkat, produsen perangkat, informasi lainnya.

Kaspersky Lab telah berhasil membuktikan bila smartphone terhubung ke laptop memungkinkan peretasan bagi smartphone. Meski hanya menggunakan PC biasa dan kabel USB micro standar, dipersenjatai dengan sebuah set perintah khusus AT-commands, lalu re-flash smartphone dan diam-diam menginstal aplikasi root di perangkat. Ha ini sama saja smartphone secara total telah diretas , meskipun tidak ada malware yang digunakan.

Adapun Cara lindungi smartphone saat charger dengan laptop

Pengguna smartphone disarankan untuk melindungi smartphone dengan kata sandi atau cara lain seperti kunci sidik jari. Saat smartphone dicharge ke laptop atau PC, sebaiknya kunci smartphone.

Sebaiknya pemilik smartphone hanya gunakan pengisian dari komputer terpercaya untuk mengisi daya perangkat Anda, dan jangan lupa membekali smartphone dengan aplikasi antivirus-SOLIDGOLD BERJANGKA

sumber