3 Jenis Diet Setelah Hari Raya Lebaran – PT Solid Gold

PT SOLID GOLD PALEMBANG – Halo travelers, gimana kabar liburan Lebaran kemarin? Pastinya menyenangkan, ya, soalnya bisa mudik, kumpul dengan keluarga, dan makan makanan enak.

Tapi, biasanya ketika liburan usai, perasaan bersalah pun muncul karena berat badan naik cukup banyak.

Untuk mengatasi hal itu, pegipegi pengin share soal empat jenis diet yang efektif untuk menurunkan berat badan setelah libur Lebaran. Kamu bisa memilih diet yang cocok dan disesuaikan dengan kemampuan tubuh kamu.

Diet Mayo

Salah satu kunci dari diet mayo adalah menghindari garam atau zat-zat asin lainnya. Kamu boleh makan makanan apa aja asal makanan tersebut sehat, nggak dimasak dengan garam, dan nggak boleh minum air es.

Kamu juga harus rutin minum air putih, minimal delapan gelas per hari. Air yang kamu minum berguna untuk membuang sisa-sisa garam yang masih ada di dalam tubuh.

Garam dihindari ketika diet mayo karena garam bisa mengikat air yang masuk, sehingga berat badan bertambah. Jadi, jangan heran jika ketika diet mayo, kamu bakal lebih sering buang air kecil.

Diet Pisang

Meskipun namanya diet pisang, tapi bukan berarti kamu cuma boleh makan pisang, tapi kamu bisa makan makanan lain, kok.

Tapi, karbohidrat yang boleh masuk ke dalam tubuh cuma dari pisang. Normalnya, dalam sehari, kamu makan 4 buah pisang untuk cewek jika nggak berolahraga.

Kalau berolahraga, kamu bisa makan 5 pisang. Sedangkan untuk cowok 5 buah pisang. Pisang yang dikonsumsi bisa berjenis cavendish atau Ambon.

Waktu makan pisang dibagi lima kali jam makan, yaitu untuk setiap kali makan pagi, snack siang, makan siang, snack sore, dan makan malam.

Pisang bisa kamu makan bersama sumber protein dan sayuran. Untuk snack bisa ditemani berbagai jenis kacang, yogurt, biji-bijian, susu, keju, atau whey protein.

Nggak boleh ada tambahan gula, madu, nasi, oat, buah lain, atau jenis karbohidrat lainnya.

Diet ini dilakukan agar tubuh kamu “memakan” lemak sendiri sebagai sumber energi di saat glikogen atau gula dalam tubuh menipis.

Dalam seminggu aja, kamu akan merasakan manfaatnya dari diet pisang, yaitu berat badan berkurang sekitar 2 kg. Lakukan diet pisang hingga mencapai berat ideal yang kamu inginkan.

Detox APel

Sebenarnya, detox apel lebih berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, melancarkan pencernaan, dan menurunkan kolesterol. Tapi, detox apel juga berefek pada penurunan berat badan.

Detox ini cuma dilakukan selama tiga hari dan bisa bikin berat badan berkurang sebanyak 2-3 kg.

Caranya adalah kamu hanya boleh mengonsumsi apel ketika makan pagi, siang, dan malam. Ditambah air putih dan dua sendok minyak zaitun (extra virgin olive oil) sebelum tidur.

Soal jumlah apel, jumlah apel yang dikonsumsi bebas kok. Biasanya jumlah yang dikonsumsi adalah 4 sampai 6 buah apel. Detox apel bisa kamu lakukan sebulan sekali supaya tubuh kamu bebas dari racun.

Diet OCD

Tahu kan dengan diet OCD yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier tahun 2013 kemarin? Diet ini cocok banget buat kamu yang nggak ingin menyiksa diri ketika diet soalnya kamu bisa tetap makan enak, asal nggak rakus, dan memperhatikan jam makan.

Tapi, kamu harus melupakan sarapan di pagi hari karena kamu baru boleh makan minimal tiga jam setelah bangun tidur.

Setelah itu, kamu bisa makan di beberapa jendela makan, yaitu 4 jam, 6 jam, dan 8 jam.

Untuk pemula, disarankan untuk mencoba jendela makan 8 jam dulu. Misal, kamu bangun pukul 8 pagi. Berarti kamu boleh makan di jam 11 pagi.

Jika kamu ambil jendela makan 8 jam, berarti kamu bisa makan dari jam 11 pagi hingga jam 7 malam. Di 8 jam tersebut, kamu bebas makan apa aja, asal nggak rakus dan berlebihan. Setelah jam 7 malam, kamu nggak boleh makan apa pun yang berkalori.

Cuma boleh minum air putih dan teh tanpa gula. Inilah yang disebut dengan puasa. Keesokan harinya kamu bisa mengulangi siklus yang sama.

Buka puasa nggak harus dilakukan pada jam yang sama. Kamu juga bisa buka puasa lebih siang atau sore, misal jam 12 atau 2 siang – PT SOLID GOLD