SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG – Dengan meningkatnya jumlah populasi di setiap negara akhirnya menimbulkan berbagai macam masalah. Salah satunya ketersediaan hunian bagi masyarakat.

Menurut Laporan PBB, pada 2050 mendatang, jumlah populasi di dunia akan mencapai 9,6 miliar. Jika hal ini tidak ditangani ini dengan baik, maka akan menjadi permasalahan yang sangat kompleks di tengah semakin menipisnya jumlah lahan yang ada.

Melihat hal ini tak heran, banyak pengembang yang mengembangkan berbagai proyek menarik. Mereka berusaha untuk memanfaatkan ketersediaan ruang yang ada dengan membangun perkotaan di atas pulau buatan, di bawah tanah, hingga di bawah laut.

Berikut merdeka.com akan merangkum 10 kota masa depan yang dibangun dengan sangat menakjubkan seperti dikutip dari portal properti global, Lamudi.

1. Pulau Khazar, atau juga yang disebut dengan Pulau Kaspia merupakan pulau buatan yang dibangun 25 km sebelah selatan kota Baku, Azerbaijan. Pulau buatan ini menghabiskan biaya USD 100 miliar atau setara Rp 1.333,3 triliun. Angka ini hampir sama dengan target pendapatan Indonesia dalam APBN tahun ini sebesar Rp 1.822 triliun.

Rencananya pulau ini akan selesai dibangun pada tahun 2022, dan di sana nantinya akan menjadi rumah bagi satu juta penduduk, 150 sekolah, 50 rumah sakit, universitas, pusat perbelanjaan, rumah sakit, lapangan balap formula 1 hingga Menara Azerbaijan, yang akan menjadi gedung tertinggi dunia.

2. Kota ini akan dibangun di samping Laut Merah, 100 kilometer utara Kota Jeddah, pusat komersial Arab Saudi. Pembangunan kota ini akan dikerjakan oleh Dubai Emaar Properties, salah satu perusahaan real estate terbesar di dunia.

Total pembangunan proyek ini pun mencapai 67 mil, sehingga tak salah jika kota ini selesai dibangun luasnya akan mengalahkan Washington DC.

Pembangunan kota ini sendiri, merupakan upaya Arab Saudi untuk meningkatkan perekonomian dengan mendorong masuk investasi asing. Proyek ini akan menghabiskan biaya USD 86 miliar atau setara Rp 1.145,6 triliun.

3. Gujarat International Finance Tec-City adalah distrik bisnis yang dibangun di Gujarat, India. Pembangunan proyek ini akan memakan lahan seluas 986 hektar.

Area ini, nantinya akan memiliki KEK, zona pendidikan internasional, kota-kota yang terintegrasi, zona hiburan, hotel, taman teknologi dan bursa. Proyek ini nantinya menghabiskan dana sekitar USD 20 miliar – SOLIDGOLD BERJANGKA